RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata pelajaran :
Biologi
Kelas/ Smt. : VIII/ I
Hari/Tanggal :
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami berbagai sistem
dalam kehidupan manusia
B.
KOMPETENSI DASAR
1.4 Mendeskripsikan sistem
pernafasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
C.
INDIKATOR
1.
Menyebutkan macam-macam alat pernafasan pada
manusia
2. Menjelaskan
terjadinya prosesnya pernafasan pada manusia
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui organ-organ
pernafasan white board pada manusia beserta fungsinya
2. Menjelaskan
terjadinya prosesnya pernafasan pada manusia
3. Mengetahui pernafasan
dada dan proses inspirasi dan ekspirasinya
4. Mengetahui pernafasan
perut dan proses inspirasi dan ekspirasinya
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Alat-alat pernafasan
a. Rongga hidung
b. Larynk ( pangkal tenggorokan )
c. Trakhea ( tenggorokan )
d. Bronkhus
e. Bronkhiolus
f. Alveolus ( gelembung paru-paru )
Gambar :
2. Proses pernafasan
·
inspirasi
adalah proses menarik nafas ( memasukkan udara pernafasan)
·
Ekspirasi
adalah proses pengeluaran nafas ( mengeluarkan udara pernafasan )
3. Macam-macam pernafasan
·
Pernafasan
dada ( pernafasan yang menggunakan gerakan antar tulang rusuk )
Inspirasi : otot antar tulang rusuk berkontraksi à tulang rusuk terangkat à rongga dada membesar à volume rongga dada membesar à tekanan udara rongga dada turun à udara masuk ke paru-paru.
Ekspirasi : otot antar tulang rusuk relaksasi à tulang rusuk turun à rongga dada mengecil à volume rongga dada kecil à tekanan udara rongga dada membesar à udara keluar dari paru-paru.
·
Pernafasan
perut ( pernafasan yang menggunakan otot-otot diafragma )
Inspirasi : Diafragma berkontraksi à volume rongga dada membesar à tekanan udara rongga dada menurun à udara luar masuk ke paru-paru.
Ekspirasi : diafragma relaksasi à volume rongga dada turun à tekanan udara rongga dada membesar à udara dari paru-paru keluar.
F.
MODEL,
METODE, DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode pembelajaran : STAD
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pertemuan pertama
TAHAP KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
|
GURU
|
SISWA
|
||
A. Kegiatan Awal
|
1. Guru membuka pelajaran
2. Guru melakukan simulasi dengan siswa
(melakukan pemanasan sebelum memulai pelajaran)
“apakah yang kalian hirup tadi?”
“apa yang kalian hembuskan?”
“proses apa yang mengakibatkan O2
berubah menjadi CO2?”
4.
Guru
memberi informasi bahwa siswa akan belajar mengenai sistem pernafasan
5.
Guru
memberikan pretest mengenai sistem pernafasan
|
Siswa memeragakan instruksi dari guru
Siswa menjawab pertanyaan dari guru
Siswa mendengarkan informasi dari guru
Siswa mengerjakan soal pretest
|
5 menit
|
B. Kegiatan inti
|
1.
Guru meminta siswa mencermati video tentang pernafasan yang ditayangkan
di depan kelas
·
Amati secara seksama video tersebut
2.
Berdasarkan video yang ditayangkan, guru menerangkan sistem pernafasan secara singkat
·
Apakah pendapat kalian mengenai video yang baru saja ditayangkan?
3.
Guru
membagi kelas menjadi 4 kelompok secara heterogen
4.
Guru
membagikan LKS kepada masing-masing siswa
·
Teliti
LKS yang telah kalian terima!
5.
Siswa diminta untuk mendiskusikan LKS yang telah dibagiakan
·
Diskusikan
LKS tersebut bersama dengan kelompokmu sesuai dengan petunjuk yang tertera
dalam LKS!
6.
Guru meminta
salah siswa untuk mewakili kelompoknya mempresentasikan hasil diskusi
kelompok
·
Presentasikan
hasil diskusi kalian ke depan kelas!
7.
Guru
memberikan kesempatan pada anggota kelompok lain untuk memberikan tanggapan
atau pertanyaan mengenai presentasi yang ditampilkan
8.
Guru
memerintahkan kepada masing-masing siswa untuk membuat satu pertanyaan
beserta jawabannyatentang materi pernafasan
·
Buatlah
satu pertanyaan beserta jawabannya pada kertas yang telah disediakan!
9.
Guru
menginstruksikan kepada siswa untuk memasukkan pertanyaan yang telah dibuat
kedalam bola
·
Masukkan
pertanyaan yang telah kalian buat ke dalam bola!
10. Guru memerintahkan siswa untuk saling
melempar bola yang telah berisi pertanyaan ± 5 menit
11. Guru meminta siswa menjawab pertanyaan
yang didapatkan setelah kegiatan saling melempar selesai dan dicocokkan
dengan jawaban yang benar
12. Guru memberikan poin kepada siswa yang
menjawab pertanyaan dengan benar
13. Guru bersama-sama siswa mengisi buletin
penilaian
|
Siswa mencermati video yang ditayangkan di depan
kelas
Siswa mengidentifikasi video yang ditayangkan
Siswa menempatkan diri berdasarkan
kelompok yang telah dibagi oleh guru
Siswa menerima LKS yang diberikan oleh guru dan menelitinya
Siswa mendiskusikan LKS bersama-sama dalam kelompoknya
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
Siswa mengutarakan tanggapan atau pertanyaan mengenai presentasi yang
ditampilkan
Siswa membuat satu pertanyaan beserta jawabannya
Siswa memasukkan pertanyaannya ke dalam bola yang telah disediakan
Siswa saling melempar bola
Siswa menjawab pertanyaan yang didapatkannya
|
25 menit
|
C. Penutup
|
1. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
mengenai materi yang belum dipahami
2. Guru bersama siswa membuat kesimpulan
dari materi yang telah dipelajari
3. Guru memberikan penghargaan kepada siswa
dan kelompok yang berprestasi
4. Guru memberikan pekerjaan rumah pada
siswa
5. Guru
menutup pelajaran
|
Siswa bertanya mengenai materi yang belum dipahami
Siswa bersama-sama guru membuat kesimpulan
Siswa menerima penghargaan dari guru
|
10 menit
|
H.
MEDIA PEMBELAJARAN
Media
Whiteboard
dan spidol
Laptop dan LCD
Sumber
pustaka
LKS.
TUNTAS. 2009. IPA Biologi kelas VIII.
Semester I
Karim,
saeful. 2008. Membuka Cakrawala Alam Sekitar 2 untuk Kelas VIII / SMP / MTs.
Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
I. PENILAIAN
Rubrik Penilaian Tes Individu
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
Kriteria Penilaian
Pilihan ganda : benar x 10
Isian (per nomor):
·
Lengkap
: 25
·
Kurang
lengkap : 15
·
Salah
: 5
·
Tidak
dijawab : 0
Nilai Akhir : jumlah benar : jumlah nilai pilihan
ganda + jumlah nilai isian
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
||
1.
Menyebutkan macam-macam alat pernafasan
pada manusia
2.
Menjelaskan terjadinya prosesnya pernafasan pada
manusia
|
Tes
|
Isian dan pilihan ganda
|
Terlampir
|
Rubrik assesment untuk presentasi
Sifat tugas :
kelompok
Nama anggota :
No
|
Komponen
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
Penguasaan Materi
a.
Kemampuan konseptualisasi
b.
Kemamampuan menjelaskan
c.
Kemampuan berargumentasi
|
15
15
20
|
||
2
|
Penyajian
a.
Sistematika penyajian
b.
visualisasi
|
15
15
|
||
3
|
Komunikasi Verbal
a.
penggunaan bahasa
b.
intonasi dan tempo
|
10
10
|
||
Jumlah
|
100
|
Petunjuk:
Skor = 0,1,2,3,4,5
Nilai Akhir =
(Bobot x Skor) : 5
INSTRUMEN:
1. Udara dari luar masuk ke paru – paru bila
………………
a.
tulang rusuk terangkat
b.
tulang rusuk turun
c.
diafragma terangkat
d.
diafragma relaksasi
2.
Fungsi selaput lendir hidung adalah……………………..
a.
menyesuaikan kelembapan udara
b.
menetralkan racun yang masuk
c.
membunuh kuman yang terbawa
d. memilih gas – gas yang masuk
3. Untuk membuktikan bahwa bernafas
menghasilkan gas sisa berupa O2 dengan cara.................
a. Air kapur ditiup dengan tetap jernih
b. Air kapur ditiup menjadi keruh
c. Air kapur ditiup manjadi merah
d. Air kapur menjadi abu – abu
4. Pada manusia difusi oksigen terjadi
di................
a. Trakea
b. Alveolus
c. Pleura
d. Bronkiolus
5. Pada pernafasan dada, inspirasi disebabkan
karena adanya konstraksi......................
a. Otot – otot antar tulang rusuk
b. Diafragma
c. Tulang dada
d. Tulang rusuk
Soal essay
1. Bagaimana tahap pernafasan dada saat
inspirasi ?
2. Bagaimana tahap pernafasan dada saat
ekspirasi ?
KUNCI JAWABAN
Soal obyektif
1. A
2. A
3. B
4. B
5. D
Soal Isian
1.
Inspirasi:
Otot antar tulang rusuk berkontraksi ètulang rusuk terangkat èrongga dada membesar èvolume rongga dada membesar ètekanan rongga dada turun èudara masuk dari paru – paru.
2.
Ekspirasi: Otot antar tulang rusuk relaksasi ètulang rusuk turun èrongga dada mengecil èvolume rongga dada kecil ètekanan rongga dada besar èudara keluar dari paru – paru.
Surakarta, Mei 2010
Guru Mata Pelajaran
GURU
NIP.....................
|
No comments:
Post a Comment