09 October 2011

contoh RPP SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : 
                    Mata pelajaran             :  Biologi
                    Kelas/ Smt.                  :  VIII/ I
                    Hari/Tanggal               : 
                    Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit
A.    STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
B.     KOMPETENSI DASAR
1.4   Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
C.     INDIKATOR
1.     Menyebutkan macam-macam alat pernafasan pada manusia
2.    Menjelaskan terjadinya prosesnya pernafasan pada manusia
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan mampu:
1.    Mengetahui organ-organ pernafasan white board pada manusia beserta fungsinya
2.    Menjelaskan terjadinya prosesnya pernafasan pada manusia
3.    Mengetahui pernafasan dada dan proses inspirasi dan ekspirasinya
4.    Mengetahui pernafasan perut dan proses inspirasi dan ekspirasinya

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Alat-alat pernafasan
a.       Rongga hidung
b.      Larynk ( pangkal tenggorokan )
c.       Trakhea ( tenggorokan )
d.      Bronkhus
e.       Bronkhiolus
f.       Alveolus ( gelembung paru-paru )
Gambar :


2.      Proses pernafasan
·         inspirasi adalah proses menarik nafas ( memasukkan udara pernafasan)
·         Ekspirasi adalah proses pengeluaran nafas ( mengeluarkan udara pernafasan )
3.      Macam-macam pernafasan
·         Pernafasan dada ( pernafasan yang menggunakan gerakan antar tulang rusuk )
Inspirasi : otot antar tulang rusuk berkontraksi à tulang rusuk terangkat à rongga dada membesar à volume rongga dada membesar à tekanan udara rongga dada turun à udara masuk ke paru-paru.
Ekspirasi : otot antar tulang rusuk relaksasi à tulang rusuk turun à rongga dada mengecil à volume rongga dada kecil à tekanan udara rongga dada membesar à udara keluar dari paru-paru.
·         Pernafasan perut ( pernafasan yang menggunakan otot-otot diafragma )
Inspirasi : Diafragma berkontraksi à volume rongga dada membesar à tekanan udara rongga dada menurun à udara luar masuk ke paru-paru.
Ekspirasi : diafragma relaksasi à volume rongga dada turun à tekanan udara rongga dada membesar à udara dari paru-paru keluar.

F.      MODEL, METODE, DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Model pembelajaran                : Kooperatif
Metode pembelajaran             : STAD




G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pertemuan pertama
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
GURU
SISWA
A. Kegiatan Awal
1.     Guru membuka pelajaran
2.    Guru melakukan simulasi dengan siswa (melakukan pemanasan sebelum memulai pelajaran)
  • Guru meminta siswa untuk berdiri kemudian mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya.
  • Guru mengajukan pertanyaan pada siswa:
“apakah yang kalian hirup tadi?”
“apa yang kalian hembuskan?”
“proses apa yang mengakibatkan O2 berubah menjadi CO2?”
4.      Guru memberi informasi bahwa siswa akan belajar mengenai sistem pernafasan
5.      Guru memberikan pretest mengenai sistem pernafasan



Siswa memeragakan instruksi dari guru

Siswa menjawab pertanyaan dari guru



Siswa mendengarkan informasi dari guru

Siswa mengerjakan soal pretest
5  menit
B. Kegiatan inti

1.      Guru meminta siswa mencermati video tentang pernafasan yang ditayangkan di depan kelas
·                                                                     Amati secara seksama video tersebut
2.      Berdasarkan video yang ditayangkan, guru menerangkan sistem pernafasan secara singkat
·           Apakah pendapat kalian mengenai video yang baru saja ditayangkan?
3.      Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok secara heterogen

4.      Guru membagikan LKS kepada masing-masing siswa
·           Teliti LKS yang telah kalian terima!
5.      Siswa diminta untuk mendiskusikan LKS yang telah dibagiakan
·           Diskusikan LKS tersebut bersama dengan kelompokmu sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam LKS!
6.      Guru meminta salah siswa untuk mewakili kelompoknya mempresentasikan hasil diskusi kelompok
·         Presentasikan hasil diskusi kalian ke depan kelas!
7.      Guru memberikan kesempatan pada anggota kelompok lain untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan mengenai presentasi yang ditampilkan
8.      Guru memerintahkan kepada masing-masing siswa untuk membuat satu pertanyaan beserta jawabannyatentang materi pernafasan
·         Buatlah satu pertanyaan beserta jawabannya pada kertas yang telah disediakan!
9.      Guru menginstruksikan kepada siswa untuk memasukkan pertanyaan yang telah dibuat kedalam bola
·         Masukkan pertanyaan yang telah kalian buat ke dalam bola!
10.  Guru memerintahkan siswa untuk saling melempar bola yang telah berisi pertanyaan ± 5 menit
11.  Guru meminta siswa menjawab pertanyaan yang didapatkan setelah kegiatan saling melempar selesai dan dicocokkan dengan jawaban yang benar
12.  Guru memberikan poin kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar
13.  Guru bersama-sama siswa mengisi buletin penilaian
Siswa mencermati video yang ditayangkan di depan kelas


Siswa mengidentifikasi video yang ditayangkan





Siswa  menempatkan diri berdasarkan kelompok yang telah dibagi oleh guru

Siswa menerima LKS yang diberikan oleh guru dan menelitinya

Siswa mendiskusikan LKS bersama-sama dalam kelompoknya


Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya


Siswa mengutarakan tanggapan atau pertanyaan mengenai presentasi yang ditampilkan

Siswa membuat satu pertanyaan beserta jawabannya


Siswa memasukkan pertanyaannya ke dalam bola yang telah disediakan


Siswa saling melempar bola


Siswa menjawab pertanyaan yang didapatkannya




25 menit
C. Penutup
1.    Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami
2.    Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
3.    Guru memberikan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang berprestasi
4.    Guru memberikan pekerjaan rumah pada siswa
5.    Guru menutup pelajaran
Siswa bertanya mengenai materi yang belum dipahami
Siswa bersama-sama guru membuat kesimpulan
Siswa menerima penghargaan dari guru
10 menit

H.    MEDIA PEMBELAJARAN
     Media
     Whiteboard dan spidol
     Laptop dan LCD
    Sumber pustaka
LKS. TUNTAS. 2009.  IPA Biologi kelas VIII. Semester I
Karim, saeful. 2008. Membuka Cakrawala Alam Sekitar 2 untuk Kelas VIII / SMP / MTs. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional









I. PENILAIAN
Rubrik Penilaian Tes Individu
INDIKATOR
PENILAIAN
Kriteria Penilaian


Pilihan ganda : benar x 10
Isian (per nomor):
·         Lengkap : 25
·         Kurang lengkap : 15
·         Salah : 5
·         Tidak dijawab : 0
Nilai Akhir :  jumlah benar : jumlah nilai pilihan ganda + jumlah nilai isian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.        Menyebutkan macam-macam alat pernafasan pada manusia
2.        Menjelaskan terjadinya prosesnya pernafasan pada manusia


Tes









Isian dan pilihan ganda





Terlampir












Rubrik assesment untuk presentasi
Sifat tugas       : kelompok
Nama anggota :

No
Komponen
Bobot
Skor
Nilai
1
Penguasaan Materi
a.       Kemampuan konseptualisasi
b.      Kemamampuan menjelaskan
c.       Kemampuan berargumentasi

15

15

20


2
Penyajian
a.       Sistematika penyajian
b.      visualisasi

15

15


3
Komunikasi Verbal
a.       penggunaan bahasa
b.      intonasi dan tempo

10
10


Jumlah
100



Petunjuk:
Skor     = 0,1,2,3,4,5
Nilai Akhir      = (Bobot x Skor) : 5

INSTRUMEN:
1.      Udara dari luar masuk ke paru – paru bila ………………
a.       tulang rusuk terangkat
b.      tulang rusuk turun
c.       diafragma terangkat
d.      diafragma relaksasi
2.      Fungsi selaput lendir hidung adalah……………………..
a.       menyesuaikan kelembapan udara
b.      menetralkan racun yang masuk
c.       membunuh kuman yang terbawa
d.      memilih gas – gas yang masuk
3.      Untuk membuktikan bahwa bernafas menghasilkan gas sisa berupa O2 dengan cara.................
a.       Air kapur ditiup dengan tetap jernih
b.      Air kapur ditiup menjadi keruh
c.       Air kapur ditiup manjadi merah
d.      Air kapur menjadi abu – abu
4.      Pada manusia difusi oksigen terjadi di................
a.       Trakea
b.      Alveolus
c.       Pleura
d.      Bronkiolus
5.      Pada pernafasan dada, inspirasi disebabkan karena adanya konstraksi......................
a.       Otot – otot antar tulang rusuk
b.      Diafragma
c.       Tulang dada
d.      Tulang rusuk
Soal essay
1.      Bagaimana tahap pernafasan dada saat inspirasi ?
2.      Bagaimana tahap pernafasan dada saat ekspirasi ?
KUNCI JAWABAN
Soal obyektif
1.      A
2.      A
3.      B
4.      B
5.      D
Soal Isian
1.        Inspirasi: Otot antar tulang rusuk berkontraksi ètulang rusuk terangkat èrongga dada membesar èvolume rongga dada membesar ètekanan rongga dada turun èudara masuk dari paru – paru.
2.         Ekspirasi: Otot antar tulang rusuk relaksasi ètulang rusuk turun èrongga dada mengecil èvolume rongga dada kecil ètekanan rongga dada besar èudara keluar dari paru – paru.


                                                                                                                                                                                         Surakarta,    Mei 2010

Guru Mata Pelajaran


GURU
NIP.....................


                                                                                                                                




No comments: